Sep 17, 2010

Alasan dibalik keluarnya Mike Portnoy dari Dream Theater


Yah, mungkin sebagian besar fans Dream Theater (DT) memang banyak beranggapan sempit pada satu hal mengenai alasan keluarnya Mike Portnoy dari DT : karena Avenged Sevenfold. Pada awalnya, saya juga beranggapan demikian, namun setelah membaca transkrip interview Mike Portnoy dengan Eddie Trunk, dalam "Friday Night Rocks" radio show on New York's Q104.3 FM, saya akhirnya memahami apa yang dirasakan MP dan alasan sebenarnya serta pemicu kejadian yang sangat mengejutkan ini. Transkripnya bisa dilihat di situs resmi roadrunner yang disadur dari Blabbermouth.net. Silahkan baca transkripnya disini.

Yang sebenarnya terjadi disini yaitu Mike Portnoy merasa bahwa Dream Theater sudah memasuki masa dimana mereka membutuhkan 'hiatus' atau semacam istirahat panjang dari siklus kegiatan mereka. Banyak fans yang mengartikan bahwa Mike terlalu banyak side-project sehingga merasa kelelahan secara pribadi dan butuh istirahat. Saya juga beranggapan seperti itu, tapi mungkin bagi Mike sendiri, ia kelihatan sudah terbiasa dengan jadwal tur yang super padat dan bergonta-ganti lawan main diatas panggung. Di tahun 2010 ini, Mike sudah menjalankan tur bersama DT, Hail !, Iron Maiden, dan yang sedang berjalan hingga akhir tahun ini, A7X.

Rencananya, tahun 2011 DT akan memulai kembali proses rekaman untuk album terbaru mereka. Namun permasalahannya, MP merasa DT perlu beristirahat untuk sementara karena ia merasa band mereka perlu mendapat inspirasi baru, energi baru yang mungkin akan membuat DT lebih besar dari sebelumnya. Yah, walaupun begitu rekan-rekannya di DT juga memutuskan akan tetap melanjutkan rekaman dengan atau tanpa MP. Saya pribadi menilai ini seperti suatu paksaan dan pilihan memakan buah simalakama : melanjutkan rekaman setengah hati, atau mundur dari DT. Jadi cukup wajar bila MP merasa kurang begitu bahagia dengan keadaan ini dan akhirnya memutuskan untuk mundur dan membiarkan DT bermusik tanpa MP.

Saya sendiri bukan bermaksud membela MP, namun lebih karena saya mengerti situasi dan perasaan yang dialami antara MP dan personil-personil DT yang lainnya. Yang jelas sebagai penggemar DT dan MP, saya berharap mereka bisa re-unite kembali..mungkin untuk waktu yang lama, atau permanen.. Just hoping the best for the both side :D

0 comments:

Post a Comment